Sabtu, 28 Mei 2011

Cek Kesehatan melalui Kuku juga Bisa Loh !!!!


Kini kita bisa mengikuti cara dokter pada zaman dahulu mampu mendiagnosa penyakit melalui kaki dan tangan yaitu melalui warna kuku. Sebuah studi menyebutkan warna kuku bisa menjadi akternatif untuk mengetahui penyakit apa yang sedang Anda derita sebelum memutuskan untuk berkunjung ke dokter.

Seperti dikutip dari Aolheath, setiap orang memiliki tipe kuku berbeda, mulai dari tekstur, warna hingga kekuatannya. Dan setiap jenis kuku memiliki arti tersendiri, terutama dalam kaitannya dengan jenis penyakit. FAAD dari American Academy of Dermatology (AAD), Andrea Cambio, MD mengatakan, kuku

adalah jendela ke dalam tubuh seseorang. Melalui kuku dapat terlihat kemungkinan penyakit apa saja yang sedang berproses dalam tubuh.

Sekarang kita coba sendiri cek kesehatan melalui bentuk dan warna kuku Anda.

1. Kuku pucat

Kuku berwarna pucat atau cenderung berwarna putih kadang-kadang terkait penuaan. Tetatpi ada empat penyakit serius yang mungkin saja ditandai dengan kuku berwarna pucat ini, misalnya, anemia, gagal jantung, pengidap penyakit hati atau juga gizi yang buruk.


2. Kuku kasar
Jika permukaan kuku berkerut dan berbunyi jika diadu ini merupakan tanda awal dari psoriasis atau inflamasi arthritis. Perubahan warna kuku dapat terlihat merah kecokelatan.



3. Kuku putih
Jika kuku berwarna putih dengan ujung atas berwarna gelap mengindikasikan adanya masalah pada hati seperti hepatitis.



4. Kuku kuning
Salah satu penyebab paling umum kuku berwarna kuning adalah infeksi jamur. Semakin memburuknya infeksi bisa membuat kuku tidak tumbuh sehat, menebal, dan rapuh. Kuku kuning juga menunjukan kondisi lebih serius seperti penyakit tiroid parah, paru-paru, diabetes, atau psoriasis.


5. Garis hitam
Periksakan segera jika ada garis hitam di kuku Anda. Ini terkait gejala melanoma atau yang dikenal dengan kanker kulit dari jenis yang paling berbahaya.


6. Kuku kebiruan
Kuku berwarna kebiruan menandakan tubuh tidak mendapatkan oksigen cukup. Ini mengindikasikan adanya infeksi di paru-paru seperti pneumonia. Jika hanya sedikit kebiruan di ujung bawah kuku bisa juga menandakan diabetes.

7. Kuku bengkak dan terlipat


Jika kulit di sekitar kuku terlihat merah dan bengkak, ini dikenal sebagai peradangan yang menunjukan adanya penyakit lupus dan gangguan jaringan ikat.

8. Menggigit kuku
Menggigit kuku mungkin buat Anda hanyalah kebiasaan. Padahal ini sangat mungkin menandakan kecemasan yang berlebihan dan membutuhkan pengobatan karena menderita gangguan obsesif-kompulsif. Jadi, jika Anda tidak bisa berhenti, ada baiknya berdiskusi dengan dokter Anda.

9. Kuku retak

Kuku terlihat kering, rapuh dan sering retak telah lama dikaitkan dengan penyakit tiroid. Jika membelah dan berwarna kuning ada kemungkinan ini karena infeksi jamur.

Adab memotong kuku ala Sunnh Rasulullah
Nah bagi kaum muslimin sudah diberi tahu untuk merawat tubuhnya hingga yang kecil sekalipun...
kita liat yuukk... ^__^

Menggunting atau memotong kuku hukumnya sunnah menurut kesepakatan ulama, namun waktunya tidak ditentukan. Tapi dalam hadist riwayat Abu Hurairah dinyatakan bahwa “Nabi saw mencukur kumisnya dan memotong kukunya pada hari jumat sebelum berangkat sholat.”

Rasulullah sabdakan jika menggunting kuku:
- hari ahad: niscaya keluar kekayaan dan masuknya kemiskinan
- hari senin: niscaya akan keluarnya gila dan masuknya sehat
- hari selasa; niscaya keluar daripadanya sehat dan masuknya penyakit
- hari rabu: niscaya keluar kekayaan dan masuknya kemiskinan
- hari kamis: niscaya keluar daripadanya gila dan masuknya sembuh dari penyakit
- hari jumat: niscaya keluar dosa-dosanya seperti pada hari dilahirkan oleh ibunya dan masuknya rahmat dari Allah SWT
- hari sabtu: niscaya akan keluar obat dan masuknya penyakit

waktu baik untuk potong kuku: Senin, Kamis, Jumat

Adab memotong kuku:

Pada kuku tangan:

1. Mulai dari Jari Telunjuk tangan kanan.
2. Jari Tengah tangan kanan
3. Jari Manis tangan kanan
4. Jari Kelingking tangan kanan (Tinggalkan Ibu Jari tangan kanan)
5. Jari Kelingking tangan kiri
6. Jari Manis tangan kiri
7. Jari Tengah tangan kiri
8. Jari Telunjuk tangan kiri
9. Ibu Jari tangan kiri
10. Ibu Jari tangan kanan


Pada Kaki:

Mula dari kanan, penghabisan sebelah kiri yaitu kelingking kiri. Mulai dari Kelingking Kanan dan bergerak ke jari-jari lain di sebelah kiri jari kelingking kanan . (cara terus, straight – cara “highway”)

1 komentar: